Tuesday, November 29, 2011

Ritual 1 Suro ( 1 Muharram ) di Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo
Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan SawahanKabupaten NganjukJawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun in memiliki kekuatan supra natural. Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa). Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.
Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro dan jalur transportasi yang mudah diakses. Untuk tiket masuk pada hari biasa cuma Rp 2000,00/orang. Sedangkan kalau liburan atau pada saat - saat ramai seperti ( bulan suro ) harga tiket akan naik sekitar Rp. 5000,00/orang. pada saat menuju kesana persiapkan diri anda karena jalan menuju kesana lumayan berkelok-kelok jalannya dan sempit. Tanggal 15 Suro ( penanggalan jawa ) juga sangat ramai orang ke sedudo untuk melakukan ritual yang di lakukan masyarakat sekitar maupun luar daerah. Masyarakat di sekitar juga membawa berbagai macam sesaji untuk melakukan ritual 1 suro berupa Tumpeng atau bunga 7 rupa. Tumpeng tersebut akan dimakan bersama jika acara ritual mandi telah usai.


Video Ritual Mandi

Air Terjun Sedudo
Ritual Mandi ( Mensucikan diri )
Sesaji ( banyak makanannya oey.... ada ayam bakarnya juga hehehehehe ) 

Lumayan hangatnya dupa ( kemenyan ) bisa untuk menghangatkan badan dingin banget  di sedudo

Umat Hindu melakukan ritual ( sembayang )

Asolole..... Kata orang nganjuk. hehehehe

11 comments:

  1. yoi wong jowo tenan...........

    ReplyDelete
  2. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya Indonesia

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Boleh tuh air terjunnya...

    Ngademin !! ^_^

    ReplyDelete
  4. iya uadem mantap..........

    ReplyDelete
  5. saya kok malah merinding liatnya...
    Astaghfirullahalaziim...

    ReplyDelete
  6. @ mbak niken merinding gmn hehehehehe

    ini kan hnya tradisi aja.... tergantung cara kita melihat dari sudut pandang gmn hehehehe

    ReplyDelete
  7. Gak kebayang ramenya klu pad mlm 1suro disana

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya