Sunday, March 09, 2014

Kenduren Duren Wonosalam 2014 ( Pesta Durian Wonosalam )

Gunungan Durian

Wuiiiiiiwww kemarin tanggal 8 Maret 2014 Kabupaten Jombang mengadakan acara Kenduren Duren ( Kenduren = kedurian ) yang sangat meriah. Acara ini di agendakan setiap tahun di kecamatan Wonosalam, Jombang. Kecamatan wonosalam adalah daerah penghasil buah durian yang sangat legit. khususnya jenis durian Bido, Durian bido itu durian khas wonosalam di tempat lain tidak ada. Karena hanya tumbuh di daerah wonosalam / daerah sekitarnya. Selain buah durian wonosalam juga penghasil sayuran dan buah-buahan lainnya seperti manggis, salak, rambutan, kopi ( kopi luwak ) dan banyak juga tempat-tempat wisata alamnya. Nach yang kita bahas sekarang adalah Pesta Kenduren Duren 2014. Acara ini di adakan untuk mendongkrak wisata yang ada di kabupaten jombang khususnya di kecamatan wonosalam. Kenduren duren di selenggarakan di lapangan kecamatan wonosalam. pengungjung yang datang sangat banyak dari warga kabupaten jombang sendiri maupun warga dari berbagai daerah yang ada di jawa timur seperti sidoarjo, surabaya, mojokerto, kediri dan blitar. Acara ini diikuti oleh 9 desa yang ada di wonosalam dengan setiap desa membawa arak-arakan hasil bumi desa masing-masing. 

Adapun rangkaian acara yang menjadi bagian dari acara utama atau KenDUREN adalah sebagai berikut:
  • Selamatan Pertama. Digelar pada hari Selasa, 4 Maret 2014 pukul  10.00 pagi yang bertempat di halaman Mbah Wonosegoro (Puncak Gunung Kuncung). Tumpeng atau makanan akan dikirab dari Dusun Notorejo menuju puncak Gunung Kuncung. 
  • Selamatan Kedua. Dilaksanakan pada hari Jum'at, 7 Maret 2014 dimulai pukul  20.00 dan bertempat di lapangan Kecamatan Wonosalam.
  • KenDUREN. Acara ini merupakan acara puncak  yang dilaksanakan di lapangan Kecamatan Wonosalam pada hari Sabtu 8 Maret 2014 pukul 09.00 yang rencananya akan disambut oleh Bupati Jombang. Dalam acara ini, akan disajikan hidangan gratis buah durian dalam bentuk tumpeng raksasa atau gunungan yang berisi durian. Tahun lalu buah durian yang digratiskan mencapai 2013 buah plus aneka buah-buahan lain dan hasil bumi Wonosalam. Sebelum acara "rebutan durian" juga akan digelar arak-arakan tumpeng hasil bumi dari (9) sembilan desa yang ada di Kecamatan Wonosalam yang di mulai dari kantor kecamatan menuju lapangan olah raga tempat acara KenDUREN. Selain itu juga akan dimeriahkan dengan hiburan-hiburan lain, serta Pameran Produk UMKM,  Pameran  Potensi Wisata Wonosalam dan Lembaga Pendidikan.

Pintu masuk acara

Deretan 9 gunungan hasil bumi dari setiap desa yang ada di wonosalam

Arak-arakan gunungan durian ( hasil Bumi )

Bupati Jombang membuka acara


Om Rizal lagi narsis hahaha

Hiburan Orkes dangdut


Dapat akses masuk untuk foto dengan gunungan durian Utama
( Tidak semua pengunjung bisa masuk kesini sebelum acara di mulai )

Penjagaan ketat oleh POLHUT hehehehe Serbuuuuu.....

Proses rebutan durian hahahaha awas kejatuhan duren runtuh

NB : Semoga acara tahun depan lebih tertib dan lebih ramai lagi. kemarin dalam acara masih banyak kekurangan yang perlu di perbaiki.

7 comments:

  1. Pertamax he he he .... kayake aku ga nulis, acarane kurang SERU. Gara-gara foto baju merah dan gitar gondrong acarane malah tambah SARU :P

    ReplyDelete
  2. @JUNAEDI

    hahaha apa mau q kirimi yg lebih hot lg bang. xixixixi

    ReplyDelete
  3. haa... itu gak papa rebutan duren kayak gitu mas??

    ReplyDelete
  4. @Pungky

    lah itu gpp hahahaha tahan banting semua orgnya

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya