Friday, October 18, 2013

Candi Tegowangi Kediri

Papan Nama Candi Tegowangi
Candi Tegowangi merupakan candi Hindu yang berumur sangat tua dan terletak di desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Menurut Kitab Pararaton, candi ini merupakan tempat Pendharmaan Bhre Matahun. Sedangkan dalam kitab Negarakertagama dijelaskan bahwa Bhre Matahun meninggal tahun 1388 M. Maka diperkirakan candi ini dibuat pada tahun 1400 M dimasa Majapahit karena pendharmaan seorang raja dilakukan 12 tahun setelah raja meninggal dengan upacara srada. Bentuk candi ini bujur sangkar dengan menghadap ke barat. Di sekeliling candi terdapat relief yang menceritakan tentang pengruatan (pensucian) Dewi Durga dalam bentuk jelek dan jahat menjadi Dewi Uma dalam bentuk baik yang dilakukan oleh Sadewa, tokoh bungsu dalam cerita Pandawa. Sedangkan pada bilik tubuh candi terdapat Yoni dengan cerat (pancuran) berbentuk naga.
Di halaman candi terdapat beberapa arca yaitu Parwati Ardhenari, Garuda berbadan manusia dan sisa candi di sudut tenggara. Berdasarkan arca-arca yang ditemukan dan adanya Yoni dibilik candi maka candi ini berlatar belakang agama Hindu. Tempat candi ini terbuka bagi siapa saja yang datang tidak di pungut biaya untuk mengunjunginya. Pada waktu saya kesini sarana dan prasana buat pengunjung juga sedang di perbaiki biar lebih bagus lagi. Padahal saya sering melewati tempat ini bila mau ke arah malang dari tempat tinggal cuma baru kemarin saya sempat kesana itu pun setelah mengantar teman saya tunangan, baru setelah acara selesai saya mampir kesini bersama Om dhoho. Jiwa petulangan pun di mulai jebret jebret jebret wkwkwkwkwkwk Masak kalah sama orang jepang, Australia, Thailand mereka aja tahu tempat ini dan membuat pentas tari pada tahun kemarin dalam acara In The Art Island Festival . Masak kita sebagai orang indonesia malah tidak tahu sejarah bangsanya.  Malu donk.......... :D 

Ini dia Candi Tegowangi....

Candi Utama
Relief yang ada di candi tegowangi bagus ych.....

Gimana ych cara buatnya hehehehe pasti susah 

Foto bersama Arca Parwati Ardhenari

Masih Ganteng Patungnya brooooo xixixixixi

Jebreeeeeeeeeeetttttttt
untuk informasi di atas sudah di revisi. terima kasih buat  http://majapahit1478.blogspot.com/2013/12/majapahit-dan-kesalahan-informasinya.html sudah menganalisa tulisan di atas.

9 comments:

  1. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Memang miris liatnya kebanyakan orang indonesia sendiri kurang atau bahkan tidak mengetahui tentang sejarahnya dibandingkan orang luar. ;(


    Salam
    Travelling Addict

    ReplyDelete
  3. masukan : mungkin poto oragnnya dihilangkan saja dan fokus di foto candi atau obyek lainnya

    ReplyDelete
  4. masih belum keturutan kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. NOPANG tmptnya bagus skrng sarana dan prasarana juga sdh di lengkapi

      Delete
  5. NONTON ONLINE TERKINI

    Nonton Online Terkini

    NONTON ONLINE TERKINI

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya