Monday, September 16, 2013

Indahnya Masjid Kubah Emas ( Masjid Dian Al-Mahri )


Masjid Dian Al-mahri disebut juga Masjid Kubah Emas. Masjid ini terletak di Depok, Jawa Barat. Masjid ini sangat megah karena semua kubah di masjid ini di lapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter. Masjid ini di bangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid seorang pengusaha dari Banten. Masjid di bangun mulai tahun 2001 selesai pada tahun 2006, Masjid ini sangat luas bisa menampung sekitar 20.000 jemaah. Bentuk Kubah utama seperti Kubah yang ada di Taj Mahal, India. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam masjid ini terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton. 

Lampu Gantung ( Sumber : Google Image )

Relief hiasan di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas. Arsitektur masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen.
Masjid ini selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid ini juga kerap di kunjungi orang-orang yang berwisata atau ingin tahu masjid kubah emas khususnya orang-orang yang belum pernah kesini. Kayak saya hahahaha.... Oya masjid ini memang megah sekali saya sampai tidak bisa mengungkapkan apa saja yang ada di Masjid Kubah Emas. Kalau ingin Tahu Silakan berkunjung Ke Masjid Kubah Emas hehehe

Narsis dulu donk hehehe

6 comments:

  1. udah lama ga sholat di sana, hawanya sejuk aja kalo sholat disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sejuk pemandangan jg indah. bikin nyaman suasana hati :)

      Delete
  2. Ah ... aku blm perna kesini padahal deket dari jakarta. Perna lewat tapi macet nya minta ampun karena ada acara disana :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. nach loh waktu saya ksana sepi2 aja tuch bang :-)

      Delete
  3. subhanalloh , luar biasa sekali

    ReplyDelete
  4. di tanggerang juga ada mesjid kubah emas lumayan bagus

    Nonton film Bluray

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya