Saturday, December 01, 2012

Kota Solo Spirit Of Java ( Kota Kenanganku )

Keris
Solo adalah kota kenangan buatku. Waktu pertama menjejakkan kaki di Solo ialah tahun 2011 pada saat aku menuju ke kota Yogyakarta aku sempatkan singgah sebentar di Solo. Solo kota yang sangat indah orang-orangnya juga ramah tamah di Solo terdapat juga Keraton Hadiningrat ( Keraton Surakarta) yang masih saudara dekat dari Keraton Yogyakarta. Kota Solo juga bisa disebut dengan Kota Batik di kota ini banyak sekali pembatik yang menghasilkan mahakarya batik yang tidak kalah dengan kota-kota lainnya seperti pekalongan maupun yogyakarta. Kota Solo juga terkenal akan Walikotanya yaitu Jokowi yang saat ini telah menjabat sebagai Gubernur di Provinsi DKI Jakarta. Tujuanku ke solo kemarin menuju PGS ( Pusat Grosir Solo ) pasar yang banyak menjual pakaian batik. Selain PGS di solo juga terdapat pasar klewer yang juga terkenal akan aneka batik yang di jual dengan murah berkualitas bagus.

PGS ( Pusat Grosir Solo )
Pasar Klewer Solo
Selain wisata belanja solo juga terkenal sebagai kota sejarah atau kota yang banyak memiliki kebudayaan yang luhur seperti Keraton Surakarta yang terletak di selatan PGS.  Keraton (Istana) Surakarta merupakan salah satu bangunan yang eksotis di zamannya. Salah satu arsitek istana ini adalah Pangeran Mangkubumi (kelak bergelar Sultan Hamengkubuwono I) yang juga menjadi arsitek utama Keraton Yogyakarta. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika pola dasar tata ruang kedua keraton tersebut (Yogyakarta dan Surakarta) banyak memiliki persamaan umum. Keraton Surakarta sebagaimana yang dapat disaksikan sekarang ini tidaklah dibangun serentak pada 1744-45, namun dibangun secara bertahap dengan mempertahankan pola dasar tata ruang yang tetap sama dengan awalnya. Pembangunan dan restorasi secara besar-besaran terakhir dilakukan oleh Susuhunan Pakubuwono X (Sunan PB X) yang bertahta 1893-1939. Sebagian besar keraton ini bernuansa warna putih dan biru dengan arsitekrur gaya campuran Jawa-Eropa.

Pintu Masuk Pendopo Keraton Solo

Tempat Singgasana Raja ( Sultan )

Meriam Besar yang ada di depan Keraton

Keris dari Solo ( yang banyak juga di jual di pasar depan keraton )

Keris Mandraguna yang sangat indah bentuknya hehehehehe

Lebih lengkapnya kunjungi Keraton Solo.

11 comments:

  1. hahahahaha ikut nampang dy di akhir2 :D

    ReplyDelete
  2. salam mas bro, jadi kangen rumah nih :p

    kalo ke solo lagi ngomong2 ya, sapa tau aq ada si sana? :p

    ReplyDelete
  3. @ lisha iya donk harusss hehehehehe

    @rivai ow ente org solo ych hehehehehe blm muter2 solo q masih penasaran ada apa aja di solo kpn2 pengen ksna lg.....

    ReplyDelete
  4. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. jangan lupa renang di bengawan solo mas bro, ha,ha,ha. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahahahahaha nyelem donk

      Delete
  6. Solo, dari sini Jokowi yang fenomenal itu berasal. Suatu kebanggaan bagi orang Solo. Jika di Jawa ada Solo sebagai "spirit of Java", di Sumatera Barat juga ada sebuah kota wisata bernama Bukittinggi. Tentang kota ini bisa dibaca selengkapanya di alamat:

    http://irsamukhti.blogspot.com/2012/12/ngarai-sianok-dan-jam-gadang-bukittinggi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro semoga menjadi pemimpin yg baik

      Delete
  7. Eh asik nih blognya bisa nongolin emoticon juga :)

    Btw keren artikelnya gan, pengen ke Solo beberapa hari tapi selalu gagal :(

    Mampir ya gan kalo berkenan ke Blog saya :>)

    ReplyDelete
  8. wahhh solo!
    yap saya setuju .
    solo emang kota yang menyenangkan.
    jadi kangen pgn ke solo lg :)

    ReplyDelete
  9. Jalan jalan ke Solo memang menyenangkan, lebih menyenangkan lagi jika sewa mobil di solo , kita bisa ke tempat wisata manapun yang kita mau dan aman tentunya

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya