Saturday, February 11, 2012

Goa Bersuara Gong di Nganjuk

Stalaktit Yang ada di Dalam Goa
Sebuah goa yang ditemukan oleh bapak Nyamad dan temannya saat menggali batu untuk bangunan pada tanggal 29 September 2011 yang terdapat di desa Sambikerep Kec. Rejoso kab. Nganjuk. Pada saat menggali betapa kagetnya pak nyamad dan temannya setelah menggali cukup dalam telah menemukan sebuah ruangan yang mirip goa. Pak nyamad pun segera melaporkan hasil penemuannya ke pemerintah desa ( Kepala Desa ). Oleh kepala desa pun segera dilaporkan ke dinas perhutani setempat untuk menindak lanjuti penemuan gua. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 10 meter dari permukaan tanah, panjang sekitar 20 meter dari rongga mulut goa dengan diameter 2 meter persegi dan rongga goa bagian dalam sekitar 6 x 12 meter persegi.
Di dalam gua juga terdapat stalaktit dan stalakmit yang diperkirakan masih bisa memanjang ( hidup ) yang berkilauan seperti berlian bila kena sorot lampu senter yang kita bawah. Ada salah satu stalaktit yang besar bila di pukul akan mengeluarkan bunyi mirip suara gong. Diperkirakan goa ini masih memiliki kedalam lebih dalam karena warga juga menemukan 4 lorong yang menjorong ke dalam dan belum diketahui berapa panjang lorong tersebut. Untuk menuju kesana kita bisa menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Letak goa ini terletak di tengah hutan gunung lengko di desa sambikerep. Bila kita ingin menuju kesana bisa melewati jalan raya rejoso dari pasar rejoso lurus ke arah utara jalan menuju ke kota bojonegoro mungkin dari pasar rejoso kurang lebih berjarak 4 km yang sedikit melewati hutan nanti di tengah jalan pasti ada petunjuk jalan untuk menuju goa ini. Dari jalan raya utama menuju goa yang ada di tengah hutan di perkirakan berjarak 500 m. Bila sudah sampai kita harus parkir dan membayar tiket masuk sekitar Rp. 4000,00 ( parkir + tiket masuk ). Kalau mau masuk kita harus bergantian karena di batasi sekitar 20 orang saja yang bisa kedalam agar tidak sesak di dalam ( udara panas / kurang ada ventilasi udara ). Sayang beribu sayang orang - orang telah merusak / mengambil stalaktit maupun stalakmit yang sangat indah untuk hiasan rumah atau sekedar untuk di simpan.

Hasil Foto di goa : 

Jalan menuju goa
Salah satu lorong yang ada di dalam goa
Stalaktit yang  menyerupai bentuk bunga mawar bila di pukul akan menghasilkan bunyi mirip suara Gong.
Stalaktit yang ada si dalam goa
Tidak lupa narsis dulu di dalam goa uhuy....


7 comments:

  1. ayo kpn mrono maneh? aq melok.... :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kpn aja ntar skalian ajak nurmanto. nurmanto jg blm ksna hehehehehe

      Delete
  2. Siip, tp mrono gak ngajak2.

    ReplyDelete
  3. aku kok lagek reti yo lak nang Rejoso onok gua gong, wah dadi pengen rono aku..

    suwun mas informasine,,, liburan tak jajal rono lah,,, explore Nganjuk ahay

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya