Friday, February 10, 2012

Candi Prambanan ( Candi Roro Jonggrang )


Foto Candi Prambanan Sumber Wikipedia
Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang adalah kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa sansekerta yang bermakna: 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.
Candi ini terletak di desa Prambanan, pulau Jawa, kurang lebih 20 kilometer timur Yogyakarta, 40 kilometer barat Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.
Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.
Menurut prasasti Siwagrha, candi ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, di masa kerajaan Medang Mataram.

Narsis dulu ach.... hehehehe
Untuk menuju kesana sangat mudah bisa naik kereta api, bus, ataupun pesawat udara. bila naik kereta kita bisa turun di stasiun Tugu jogja ( kalau naik kereta api bisnis / eksekutif ). Sedangkan kalau naik kereta ekonomi kita akan turun di stasiun lempuyangan jogja. Naik bus bisa turun di terminal Giwangan jogja atau bila naik pesawat udara bisa turun di bandara adi sucipto jogja. untuk menuju ke candi prambanan kalian bisa naik bus trans jogja ( transportasi khusus di kota jogja ) dengan tiket bus Rp. 3000,00 kita bisa keliling jogja.
Harga tiket masuk ke candi prambanan Rp. 30.000,00 / orang. di dalam kompleks candi kita dapat melihat keindahan candi hindu terbesar di indonesia dan banyak hiburan disana juga terdapat sebuah museum yang berisi peninggalan-peninggalan yang terkait candi prambanan. bila masuk museum kita akan di sambut suara gamelan yang di mainkan sangat merdu dan nyaman. di dalam museum juga ada penjual batu akik ( batu yang di buat untuk perhiasan ) dan Penjual batik yang sekaligus kita juga bisa tau cara membuat batik tulis.

Gamelan Jawa

Oleh - oleh foto dari jogja :

Candi Garuda Salah satu Candi di kompleks Prambanan

Pembuatan Kain batik
Batu Akik 
Narsis bersama pemain gamelan di museum hehehe

3 comments:

  1. wehhh , fotomu ganteng frii

    ReplyDelete
  2. Candi Prambanan merupakan salah satu candi terbaik dan terindah di dunia. Saya ingin sekali berkunjung ke lokasi ini setelah membaca informasi dari blog ini. terima kasih. Indonesia memang surganya tempat wisata Wisata Nusantara Indonesia

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya