Wednesday, February 25, 2015

Festival Kenduri Durian Wonosalam 2015

Gunungan Durian pada tahun 2014

Akhir bulan Maret 2015 Kabupaten Jombang akan mengadakan acara Kenduren Duren ( Kenduren = kedurian ) yang sangat meriah. Acara ini di agendakan setiap tahun di kecamatan Wonosalam, Jombang. Kecamatan wonosalam adalah daerah penghasil buah durian yang sangat legit. khususnya jenis durian Bido, Durian bido itu durian khas wonosalam di tempat lain tidak ada. Karena hanya tumbuh di daerah wonosalam / daerah sekitarnya. Selain buah durian wonosalam juga penghasil sayuran dan buah-buahan lainnya seperti manggis, salak, rambutan, kopi ( kopi luwak ) dan banyak juga tempat-tempat wisata alamnya.  Acara ini di adakan untuk mendongkrak wisata yang ada di kabupaten jombang khususnya di kecamatan wonosalam. Kenduren duren di selenggarakan di lapangan kecamatan wonosalam. pengungjung yang datang sangat banyak dari warga kabupaten jombang sendiri maupun warga dari berbagai daerah yang ada di jawa timur seperti sidoarjo, surabaya, mojokerto, kediri dan blitar. Acara ini diikuti oleh 9 desa yang ada di wonosalam dengan setiap desa membawa arak-arakan hasil bumi desa masing-masing.

Ini Jadwal kegiatan untuk tahun 2015

Adapun rangkaian acara yang menjadi bagian dari acara utama atau KenDUREN 2015 adalah sebagai berikut:
  • Tanggal 27 Maret 2015 Jalan Sehat.
  • Tanggal 28 Maret 2015 Lomba kuliner, Expo peternakan, Pameran produk unggulan, Kontes durian lokal wonosalam, Festivel kopi dan Festival kuda lumping.
  • Acara Puncak KenDUREN. Acara ini merupakan acara puncak  yang dilaksanakan di lapangan Kecamatan Wonosalam pada hari Minggu 29 Maret 2015 biasanya sekitar pukul 09.00 sudah mulai acaranya dan akan di buka oleh Bupati Jombang. Dalam acara ini, akan disajikan hidangan gratis buah durian dalam bentuk tumpeng raksasa atau gunungan yang berisi durian. Tahun lalu buah durian yang digratiskan mencapai 2014 buah plus aneka buah-buahan lain dan hasil bumi Wonosalam. Sebelum acara "rebutan durian" juga akan digelar arak-arakan tumpeng hasil bumi dari (9) sembilan desa yang ada di Kecamatan Wonosalam yang di mulai dari kantor kecamatan menuju lapangan olah raga tempat acara KenDUREN. Selain itu juga akan dimeriahkan dengan hiburan-hiburan lain, serta Pameran Produk UMKM,  Pameran  Potensi Wisata Wonosalam dan Lembaga Pendidikan.
Berikut foto-foto KenDUREN pada tahun 2014 kemarin :

Pintu masuk acara

Deretan 9 gunungan hasil bumi dari setiap desa yang ada di wonosalam


Arak-arakan gunungan durian ( hasil Bumi )


Bupati Jombang membuka acara




Om rizal lagi narsis


Hiburan Orkes dangdut



Narsis Di gunungan durian xixixxi

Penjagaan ketat oleh POLHUT hehehehe Serbuuuuu.....

Proses rebutan durian hahahaha awas kejatuhan duren runtuh

0 comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

Terima Kasih Atas Kunjungannya